Spare Part Alat Berat

Mengenal Beberapa Hal Seputar Spare Part Alat Berat

Alat berat merupakan sebuah kendaraan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti pembangunan, tambang, sampai melakukan penyelamatan. Alat berat sendiri memiliki beberapa macam mulai dari Bulldozer, Crane, Excavator Caterpillar, Wales Stump, Wheel Loader, Dump Truck, dan beberapa macam alat berat lainnya. Kali ini kita tidak membahas apa itu alat berat, tapi yang akan kita bahas adalah beberapa hal seputar suku cadang atau spare part alat berat tersebut.

spare part forklift

FIRMAN ZAINUL MENTARI

Jalan Kupang Segunting 5 no 2 Surabaya

Hp : 0812.3068.9937

WhatsApp0812.3068.9937

Telp / Fax : (031) 5684271

Email : cv.mandiri.perkasa@gmail.com

admin@sparepartforklift.com

CV.Mandiri Perkasa- Spare part forklift

CV MANDIRI PERKASA adalah Spare Part Alat Berat di surabaya . Spare part yang kami jual meliputi unit lokal maupun build-up dengan harga yang kompetitif dan berkualitas. Kami menyediakan spare part yang New Genuine, OEM, Replacement dan Used Part dengan berbagai macam merk untuk kebutuhan unit alat berat Anda.

Apa Itu Spare Part Alat Berat

Spare part atau suku cadang adalah sebuah komponen yang kecil yang saling menyatu untuk melakukan tugasnya masing-masing. Hasil kerja dari setiap komponen tersebut dapat menggerakan alat berat, maka dari itu jika terjadi kerusakan pada satu komponen saja bisa menyebabkan alat berat tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, merawat alat berat merupakan hal yang harus dilakukan agar setiap komponennya dapat bekerja dengan baik. Tetapi untuk melakukan perawatan terhadap alat berat membutuhkan waktu dan tenaga lebih karena ukuran dari kendaraan yang satu ini jauh lebih besar dari pada kendaraan pada umumnya.

Spare part alat berat sendiri sebenarnya sangat banyak, tetapi umumnya suku cadang dari kendaraan super besar ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu suku cadang baru dan bekas. Suku cadang baru adalah sebutan bagi segala komponen yang belum pernah digunakan dan tentunya masih layak untuk dipakai. Cara untuk mengetahui mana suku cadang yang baru bisa dilakukan dengan memastikan segel kotak atau pembungkus dari suku cadang tersebut masih ada.

Kemudian jenis suku cadang yang kedua adalah suku cadang bekas. Jenis suku cadang ini merujuk pada segala komponen yang sudah pernah digunakan oleh kendaraan berat lainnya namun karena beberapa alasan sehingga komponen tersebut dilepas. Suku cadang jenis ini biasanya masih bisa digunakan dengan catatan kondisi dari komponen tersebut masih terlihat bagus dan layak untuk dipakai.

Bagian-Bagian Spare Part Pada Sebuah Alat Berat

Sebelumnya kita sudah mengetahui jenis-jenis dari spare part alat berat yaitu ada spare part baru dan bekas. Agar lebih jelas lagi kita akan mengambil contoh alat berat Excavator Caterpillar untuk membahas bagian-bagian spare partnya. Alat berat yang satu ini sering digunakan untuk menggali tanah dan menaikan tanah ke atas truk. Berikut adalah beberapa bagian dari Excavator Caterpillar.

Upper Structure

Bagian pertama adalah Upper Structure yang meliputi bagian atas dari Excavator Caterpillar yang salah satu komponennya sebagai tempat penyimpanan oli dan selang. Pada bagian atas kendaraan berat ini juga terdapat sebuah alat yang bisa memutarkan area kabin hingga 360 derajat. Dengan adanya alat tersebut dapat membuat seorang pengemudi bisa dengan mudahnya melakukan manuver.

Spare part alat berat lain yang ada pada bagian Upper Structure adalah hose atau selang yang dibuat menggunakan bahan yang tebal dan kuat sehingga tidak akan mudah rusak. Selain itu ada juga kabin atau ruangan pengemudi yang didalamnya terdapat banyak sekali tombol dan tuas, namun yang paling penting adalah 2 tuas control levers dan 2 tuas travel levels. Tuas-tuas tersebutlah yang akan digunakan untuk menggerakan gigi atau moncong dari Excavator Caterpillar.

Lower Structure

Untuk bagian Lower Structure meliputi bagian bawah dari Excavator Caterpillar terhitung mulai dari bagian yang bisa berputar 360 derajat ke bawah. Terdapat banyak sekali komponen yang bisa dibahas pada bagian ini, namun yang paling disorot adalah bagian penggeraknya. Umumnya kendaraan berat yang satu ini memiliki 2 jenis penggerak yaitu yang menggunakan roda atau yang menggunakan crawler track.

Oleh karena itu, pembahasan mengenai spare part alat berat Excavator Caterpillar akan berfokus pada bagian penggerak saja. Kita mulai dari penggerak menggunakan roda, dimana jenis ini memiliki pergerakan yang lebih cepat dan sering digunakan pada kondisi tanah yang kering dan kokoh. Sedangkan untuk penggerak menggunakan crawler track sering digunakan pada kondisi tanah yang tidak bagus seperti tanah berlumpur atau tanah yang memiliki banyak kandungan airnya.

Work Equipment

Bagian yang terakhir adalah bagian Work Equipment dari Excavator Caterpillar. Bagian ini sendiri meliputi beberapa bagian mulai dari timbah atau bicket (gigi atau moncong) yang berfungsi untuk menggali tanah dan mengangkat tanah tersebut untuk ditaruh pada bak truk, kemudian ada bagian silinder hidrolik yang memiliki fungsi untuk menggerakan timbah atau bicket dari Excavator Caterpillar tersebut.

Spare part alat berat yang paling disorot di bagian Work Equipment ini adalah silinder hidroliknya. Pada bagian silinder ini sendiri dibuat dengan sistem yang sangat rumit yang jika ada 1 saja komponen yang rusak maka bagian gigi atau moncong tidak akan bisa digerakan. Oleh karena itu pastikan bagian silinder hidrolik ini selalu anda rawat agar tidak rusak.

Komponen Spare Part Alat Berat

Berbagai merk Spare Part Alat, komponen atau cadang seperti : Nissan, Isuzu, Komatsu, Caterpillar, Mitsubishi, Kobelco, dapat diperoleh dari kami dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin.

Bagian Mesin

Air CleanerValve Intake
Belt TensionerValve Exhaust
CamshaftSeal Valve
Cooling Fan BeltTappet
CrankshaftRocker Arm
Cylinder BlockOil Pump/Pompa Oli
Cylinder HeadThermostat
DamperMetal Jalan
FlywheelMetal Duduk
PistonMetal Bulan
Ring PistonBushing Pin
LinerConnecting Rod/ Stang Piston
Gasket Overhauloil Pan

Cooling System / Komponen Pendingin

Water Pump
Radiator
Oil Cooler
Kipas/ Fan Radiator
Shroud

Electrical

Battery
Dinamo Starter
Alternator
Wiring
Horn

Engine Related

Muffler/ Knalpot
Engine Mounting
Oil Pan

Filter

Filter Oli
Filter Solar
Filter Hidrolik
FIlter Transmisi
Filter Udara

Work Equipment

Arm
Boom
Bucket
Seal Kit Boom
Cutting Edge

Undercarriage

Track Link Assy Excavator, Dozer
Track Shoe
Idler
Sprocket
Carrier Roller
Track Roller
Final Drive

 

Aneka Spare Part Alat Berat:
  • Spare Part Alat Berat Komatsu
  • Spare Part Alat Berat Mitsubishi
  • Spare Part Alat Berat Nissan
  • Spare Part Alat Berat Lonking
  • Spare Part Alat Berat Caterpillar
  • Spare Part Alat Berat Isuzu
  • dll

Jika pelanggan sudah mempunyai Supplier spare part alat berat, maka kami dapat dijadikan Supplier / Pemasok Alternatif dalam mendapatkan spare part yang dibutuhkan. Segera pelanggan kirimkan kebutuhan spare part melalui email/Whats App:

Melayani Pengiriman melalui JNE, TIKI, J&T atau Jasa pengiriman lain yang diinginkan customer.

Area pengiriman kami ke area seluruh indonesia meliputi Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali, Papua, Sulawesi dan lain lain.

 Cara Merawat Spare Part Alat Berat

  1. Rajin Membersihkan Saringan Oli

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk merawat spare part alat berat adalah dengan rajin membersihkan saringan oli setelah 2500 jam pemakaian. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran yang masuk kedalam mesin, karena jika ada kotoran yang lolos dari saringan dan masuk ke dalam mesin maka bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada mesin kendaraan berat anda. Jika saringan oli tersebut sudah tidak layak digunakan maka segera ganti dengan yang baru.

  1. Selalu Menjaga Kebersihan dari Setiap Komponen Alat Berat

Anda juga bisa merawat spare part alat berat anda dengan cara menjaga kebersihan setiap komponennya. Hal ini sangat penting karena kendaraan berat sering bekerja di medan yang tidak bagus, hal tersebut membuat beberapa bagiannya mudah kotor, ketika kotoran tersebut tidak dibersihkan maka bisa menyebabkan karat.

  1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Alat Berat dalam Jangka Waktu yang Lama

Namanya kendaraan pasti membutuhkan istirahat untuk menurunkan suhu mesinnya. Pada kendaraan berat juga berlaku demikian, jika anda mengoperasikan kendaraan ini dalam waktu yang lama secara terus menerus bisa membuat mesin cepat panas. Alhasil dari mesin yang panas tersebut membuat beberapa komponennya menjadi meleleh atau rusak akibat overheat. Jika sudah demikian maka mau tidak mau anda harus mengganti komponen yang rusak tersebut dengan yang baru.

  1. Gunakan Minyak Pelumas Khusus pada Beberapa Komponen Alat Berat

Cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk merawat spare part alat berat adalah dengan memberikan pelumas khusus pada komponen-komponen tertentu. Alat berat sendiri memiliki banyak sekali komponen, dimana beberapa diantaranya harus selalu dilumuri pelumas khusus contohnya pelumas anti karat agar komponen tersebut tidak mudah karat dan rusak.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu spare part atau suku cadang alat berat, bagian-bagian spare part alat berat, hingga cara merawat setiap komponen pada sebuah alat berat. Bagi anda yang memiliki alat berat sebaiknya selalu merawatnya karena jika ada komponen yang rusak bisa menyebabkan komponen lainnya terganggu bahkan bisa membuat kerusakan yang lebih parah.

Table of Contents

author

Menyediakan spare part forklift komatsu,toyota,caterpillar, mitsubishi,tcm dan nissan baik untuk yang genuine maupun yang japan dengan harga yang kompetitif

Leave a reply "Toko Supplier Spare Part Alat Berat"